Shout Mix


ShoutMix chat widget

Kamis, 06 Oktober 2011

Pelatihan Guru SMPN 2 Sumedang beserta Guru-Guru RSBI Se-Jawa Barat Di Adelaide, Australia


Ditulis oleh : Djadjang Oesmadi, S.Pd.        
Ucapan terimakasih serta penghargaan setinggi-tingginya patut diberikan kepada pemerintah, dalam hal ini Dinas pendidikan Propinsi Jawa Barat, yang senantiasa sungguh-sungguh dan tiada kenal lelah  dalam mengupayakan peningkatan mutu pendidikan bagi sekolah-sekolah di Jawa Barat.


  Pengiriman 40 guru RSBI Se-Jawa Barat ke Adelaide Australia, termasuk di dalamnya SMP Negeri 2 Sumedang pada tanggal 6 s.d. 30 November 2011 merupakan salah satu bukti kesungguhan pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan  dengan cara mencari serta menggali ilmu tentang sistem pendidikan di Australia. Para guru tersebut menggali ilmu di Adelaide Australia selama 25 hari.  Ilmu yang diperoleh para guru di Australia tersebut  diharapkan dapat diberikan  kepada rekan-rekannya di sekolah masing-masing maupun ke sekolah-sekolah di kabupaten/kota setempat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
SEKILAS TENTANG THEBARTON SENIOR COLLEGE  (SEKOLAH YANG DIKUNJUNGI)
 
         Thebarton Senior College merupakan sekolah negeri bagi para pengungsi atau pendatang yang baru tiba di Adelaide dan juga bagi penduduk Adelaide yang sudah lama tinggal di Adelaide. Di sekolah ini ada program bahasa Inggris bagi pendatang baru, program ini disebut NAP (The New Arrivals Program) sehingga bahasa yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah bahasa Inggris yang sederhana.
         Sebagian besar siswa yang mendaftar ke sekolah ini adalah para korban perang/ dalam rangka program kemanusiaan (refugees/ humanitarian program). Rata-rata dari mereka ditempatkan di program NAP karena latar belakang pendidikan dan kemampuan bahasa Inggris mereka sangat terbatas. Setelah menyelesaikan program NAP, siswa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi seperti Core Skills dan/ atau SACE/ VET.  Jika siswa memiliki prestasi dan mendapatkan sponsor, mereka bisa melanjutkan ke TAFE dengan pilihan: a) melanjutkan ke universitas, b) memperoleh pekerjaan, c) mencari industri/ perusahaan untuk dijadikan tempat magang (apprenticeship). Selain dibekali keterampilan berbahasa Inggris dan life skills, siswa juga dibekali keterampilan lain yang bisa mereka pilih berdasarkan minat.

0 komentar:

Posting Komentar